MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan proses evakuasi seluruh rangkaian KA Purwojaya (58F), yang sebelumnya mengalami anjlokan di Km 56+1/2 Emplasemen Stasiun Kedunggedeh, Kabupaten Bekasi, telah selesai seluruhnya pada pukul 02.00 WIB. Jalur kiri telah kembali dibuka dan dapat dilalui perjalanan kereta api secara normal.
Kereta terakhir dengan nomor P 01607 berhasil dievakuasi dan ditempatkan kembali di atas rel. Pada pukul 02.10 WIB, KA 104 Bogowonto relasi Pasar Senen – Lempuyangan menjadi kereta pertama yang melintas di jalur kiri setelah proses evakuasi dinyatakan selesai.
Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, menyampaikan bahwa berkat upaya maksimal seluruh petugas gabungan yang telah bekerja keras, proses penanganan dapat diselesaikan dengan baik.
“Seluruh tahapan evakuasi dapat diselesaikan dengan aman dan cepat berkat sinergi antara petugas KAI dan unsur terkait di lapangan,” ujarnya, Minggu 26 Oktober 2025.
KAI juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas kelambatan sejumlah perjalanan kereta api.
“Kami memahami ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini seluruh jajaran terus bekerja maksimal agar pola operasi dapat segera normal kembali,” tambah Rokhmad.
Update Perjalanan KA yang Melintasi Wilayah Daop 7 Madiun yang Mengalami Kelambatan
Jalur Hulu (arah timur) :
KA 152 (Brantas) relasi Pasar Senen – Blitar, tiba di Stasiun Blitar pukul 05.11, lambat 116 menit.
KA 252 (Jayakarta) relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng, tiba di Stasiun Madiun pukul 07.09, lambat 277 menit.
KA 8 (Bima) relasi Gambir – Surabaya Gubeng, melintas Stasiun Madiun pukul 05.31, lambat 283 menit.
KA 246 (Majapahit) relasi Pasar Senen – Malang, tiba di Stasiun Madiun pukul 07.34, lambat 333 menit.
KA 150 (Singasari) relasi Pasar Senen – Blitar, posisi di Stasiun Pabuaran, lambat 521 menit.
Jalur Hilir (arah barat):
KA 143 relasi Madiun – Pasar Senen, dengan jadwal keberangkatan pukul 08.00 WIB, masih menunggu rangkaian dari Stasiun Blitar. Estimasi keberangkatan pukul 11.00 WIB.
KAI terus melakukan evaluasi menyeluruh terhadap insiden ini sebagai langkah peningkatan keselamatan dan keandalan operasional di masa mendatang. Perusahaan juga berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan serta memastikan perjalanan kereta api dapat segera kembali normal.
KAI mengimbau calon penumpang untuk memeriksa status perjalanan KA melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, atau menghubungi Contact Center 121 guna memperoleh informasi terkini.*(sumber:humasdaop7)


















