logo

Momen Long Weekend, 5 Stasiun Wilayah Daop 7 Madiun Padat Penumpang

Minggu, 1 Juni 2025

MADIUN – Momen long weekend peringatan Kenaikan Yesus Kristus (KYK), terdapat 5 besar stasiun di wilayah Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mengalami kepadatan penumpang kereta api (KA), baik naik maupun turun.

Kelima stasiun itu yakni Stasiun Madiun penumpang naik 10.505 orang, dan turun 11.275 orang. Kediri penumpang naik 3.407 orang, dan turun 3.693 orang. Blitar penumpang naik 2.323 orang, dan turun 2.670 orang. Jombang penumpang naik 2.195 orang, dan turun 2.753 orang. Tulungagung penumpang naik 2.195 orang, dan turun 2.672 orang.

Momen akhir pekan kali ini, memang beriringan dengan libur peringatan KYK pada Kamis 29 Mei 2025 lalu. KAI Daop 7 Madiun mencatat adanya peningkatan volume penumpang yang cukup signifikan, khususnya untuk keberangkatan KA Jarak Jauh (KAJJ) dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 7 Madiun.

“Pada momen long weekend peringatan KYK 2025 ini, memang cukup berdampak pada peningkatan jumlah penumpang KA di stasiun-stasiun KAI Daop 7 Madiun,” ujar Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Minggu 01 Juni 2025.

Menurutnya, berdasarkan data KAI Daop 7 Madiun selama periode Rabu 28 Mei  hingga Minggu 01 Juni 2025 yakni terdapat jumlah penumpang naik sebanyak 27.882 orang, sedangkan yang turun 30.834 orang. Namun, jumlah ini masih bersifat dinamis hingga keberangkatan KA terakhir pada tengah malam nanti.

Penumpang untuk periode yang sama, khusus keberangkatan dari Stasiun Madiun sebanyak 10.505 orang, penumpang datang 11.275 orang. Tentunya dengan capaian, inovasi, dan peningkatan layanan tersebut, KAI Daop 7 Madiun terus berharap masyarakat dapat memilih moda transportasi KA tak hanya pada momen-momen khusus, tetapi juga untuk mobilisasi sehari-hari.

Namun, tak hanya melakukan inovasi peningkatan fasilitas layanan penumpang KA saja, tetapi KAI Daop 7 Madiun juga hadir lebih dekat dengan para pelanggan setianya, terutama di momen-momen spesial seperti peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2025.

“Kegiatan ini dikemas dalam ‘program sapa pelanggan’, sekaligus mengajak para Lansia untuk naik KA gratis menggunakan KA Singasari rute Stasiun Madiun–Kediri dan kembali dengan KA Kertanegara,” katanya.

Zainul mengimbau masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.*(al/madiunonline.id)

error: